Bagaimana Cara Menambahkan Paket Tour?

Fitur untuk memasukan atau menambahkan paket tour hanya terdedia bagi member “Partner Agent Plus” dan “Partner Agent” yang memilili lisensi resmi. Bagi member Affiliate Marketing diberikan fasilitas menjual seluruh produk paket tour yang ada di dalam system INAHOLIDAY, dan akan memperoleh komisi dari setiap penjualan produk tour paket milik para Partner Agent yang telah bergabung di INAHOLIDAY.

Berikut ini adalah panduan tatara memasukan produk paket tour melalui halaman “User Dashboard” :

Figure. 01

Bagi Partner yang telah mendaftar membership (Partner Agent Plus & Partner Agent) dapat langsung melakukan login melalui Link pada pojok kanan atas halaman utama Inaholiday (figure.01)

Figure.02

Masukan Username atau email yang telah anda daftarkan. dan klik Log in. Jika log in berhasil akan muncul notidikasi “Logged In Successfully” pada pop login (figure.02)

Figure. 03

Setelah Log In berhasil maka akan secara otomatis diarahkan ke halaman “User Dashboard” yang dipergunakan untuk mengontrol dan mengelola akun, serta monitoring berbagai aktifitas (figure.03).

Untuk memasukan atau menambahkan paket tour pada akun anda:

  1. Klik menu “Add New Tour” pada sidebar sebelah kiri layar
  2. Lengkapi detail tour program, dimulai dari “Basic Info” yang terdiri “Tour Name” dan “Deskripsi” tentang destinasi tour.
  3. Setelah dilengkapi lanjutkan dengan meng klik tombol “Continue
Figure. 04

Dilanjutkan dengan melengkapi detail pada tab “Info” (figure. 04) yang terdiri dari:

  1. Tour Categories, yang berupa pilihan multi select. Pilih kategori yang sesuai dengan tour program
  2. Durations, Pilih berdasarkan durasi waktu
  3. Languages, Pilihan berdasarkan ketersediaan bahasa yang digunakan pada tour
  4. Tour Type, dengan pilihan daily tour atau scheduled tour, dilanjutkan dengan menuliskan durasi (contoh format: 2 days 1 night), dan masukan jumlah hari pada “Booking Period” yang berfungsi sebagai batas waktu minimal yang anda butuhkan untuk dapat menerima booking ( contoh: 7 hari).
  5. Min People dan Max People, untuk menentukan jumlah minimal orang/pax untuk harga tour paket yang anda tawarkan dan jumlah maksimal orang yang dapat anda terima dalam 1 x pemesanan/booking. dilanjutkan dengan pilihan “Booking Option” yang merupakan pilihan system pemesanan dengan cara “Instant Booking” atau melalui cara mengisikan “Enquiry” form.
  6. Tour Single Layout, adalah pilihan tampilan tour paket anda, yang akan menampilkan struktur tour program yang anada tawarkan. Unutk menampilkan struktur terbaik kami rekomendasikan menggunakan “Layout 2“.
  7. Tour Included dan Tour Excluded, masukan detial apa saja poin yang termauk dan tidak termasuk dalam program tour
  8. Tour Highlight, deskripsi singkat, point penting dan menarik tentang tour program yang anda tawarkan.
  9. Tour Program, digunakan untuk memasukan detail Tour Itinerary berdasarkan jumlah hari sesuai durasi tour, yang terdiri dari “Title” , “Image” dan “Description“. Klik tombol”Add New” di sisi bawah untuk menambahkan Tab baru.
  10. Tour FAQ adalah salah satu fitur penting yang harus dilengkapi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan pada tour anda. Contoh : Pertanyaan dan jawaban tentang batas waktu pembatalan, tatacara pembayaran, jumlah uang muka, dan sebagainya.
  11. Klik tombol “Continue” untuk melanjutkan ke detail tour selanjutnya..
Figure. 05

Masukan beberapa foto (figure.05) terkait tour anda , yang terdiri dari:

  1. Tour Images, adalah foto yang akan digunakan sebagai cover thumbnail yang di tampilkan pada halaman muka web Inaholiday.
  2. Gallery, terdiri dari beberapa foto yang memperlihatkan daya tarik dari tour yang anda tawarkan
  3. Video link Youtube, untuk menampilkan video terkait tour anda
  4. Kilk “Continue” untuk melanjutkan
Figure. 06

Dilanjutkan dengan melengkapi kolom pada tab “Price” (figure. 06)dengan detail sebagai berikut: :

  1. Show Price by, memilih harga berdasarkan beberapa pilihan antara lain: Price by person, Price by fixed dan Price by departure, dengan penjelasan jika memilih Price by person adalah menentukan harga berdasarkan jumlah orang/pax, jika memilih Price by fixed berarti harga yang ditampilkan adalah fixed atau tetap berapapun jumlah orang/pax yang dipesan, sedanglan jika mmeilih Price by departure adalah mementukan harga berdasarkan penjadwalan yang spesifik tanggal dimulai dan berakhir.
  2. Adult price, Child price dan Infant price, adalah kolom untuk meng-input harga dasar sesuai kategori usia
  3. Hide on Booking form, adalah fitur untuk menampilkan harga bagi tiga kategori usis tersebut. Contoh jika anda tidak ingin menampilkan harga dasar bagi Infant, maka anda dapat mengganti menjadi pilihan “YES” pada dropdown menu.
  4. Discount, adalah kolom untuk menentukan formulasi harga berdasarkan jumlah orang/pax, yang berarti semakin banyak jumlah orang maka harga akan semakin rendah, yang ditentukan oleh diskon berdasarkan pilihan “Pecent” atau “Amount”
  5. Type of discount by people, adalah pilihan untuk menentukan diskon harga berdasarkan pilihan “Pecent” atau “Amount”
  6. Extra, adalah fitur untuk menambahkan variabe aktifitas danl harga selain harga dasar yang di tampilkan. Contoh: anda dapat memasukan biaya tambahan untuk aktifitas snorkeling bagi pemesan.
  7. Discount Rate, adalah fitur yang dapat digunakan untuk memberikan diskon berdasarkan “Pecent” atau “Amount” dengan periode/jadwal tertentu. Contoh: anda dapat memberikan diskon paket tour 20% hanya pada periodetanggal 12 Januari sampai 25 Februari.
  8. Deposit payment option, adalah fitur untuk menentukan apakah tour anda diharuskan membayarkan desposit dengan jumlah tertentu (berdasarkan percent) atau tidak diharuskan.
  9. Allow Cancel, adalah fitur untuk menentukan diperbolahkan atau tidak bagi pemesan untuk melakukan pembatalan, dengan menentukan “Number of days before the arrival” atau menentukan jumlah hari minimal (sebelum jadwal kedatangan) untuk diperbolehkan melakukan pembatalan. Dan menentukan “Percent of total price” atau nilai maksimal pengembalian (berdasarkan percent).
  10. Kilk tombol “Continue” untuk melanjutkan.
Figure. 07

Masukan detail lokasi tujuan tour anda (figure.07):

  1. Tour Location, pilihlah lokasi tour sesuai dengan tujuan pada menu dropdown
  2. Real Tour Address, lokasi tour (akan ditampilkan pada thumbnail di halaman utama)
  3. Lokasi pada Peta, masukan lokasi spesifik untuk ditampilkan pada peta, dan tentukan zoom level (skala 1-15), rekomendasi skala 10
  4. Kilk “Continue” untuk melanjutkan
Figure. 08

Yang terakhir adalah menentukan ketersediaan pada tab “Availability” (figure. 08)

  1. Check In dam Check Out, adalah untuk menentukan periode ketersediaan bagi customer dapat melakukan pemesanan. Contoh: “Paket tour A” available pada 12 Januari 2022 – 20 Juli 2022
  2. Adult Price dan Child Price, anda harus mengisikan kembali variable harga berdasrkan kategori Adult dan Child.
  3. Setelah menentukan periode keterdeiaan dan harga, Klik “Update” pada sisi kiri atas untuk melihat perubahan pada time frame calendar
  4. Klik “Continue” untuk melanjutkan.

Dengan demikian anda telah menyelesaikan tahapan memasukan paket tour pada akun partner anda. Tunggu beberapa saat sampai Admin Inaholiday memberikan approval untuk menampilkan paket tour anda pada halaman Inaholiday.

Was this article helpful?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »